Sebagian siswa kelas VI yang menggunakan fasilitas bermain di Taman Bundaran GKB pada pagi hari, Sabtu (12/11/2022)

Di saat para siswa sudah waktunya pulang, siswa kelas VI SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb), Gresik, Jawa Timur, justru berbondong-bondong datang ke sekolah, Jumat (11/11/2022) siang. Mereka kompak memakai seragam olahraga dan membawa ransel besar di punggung. Tampak pula sebagian dari mereka membawa gulungan tikar, karpet, bahkan kasur tipis.

Sekolah ramah anak itu sedang menggelar Friday Boarding School (FBS), salah satu program Sukses Kelas VI. Sebab, mereka yang sebentar lagi lulus itu diharapkan memenuhi empat kompetensi lulusan. Baik di bidang akademik, karakter, pengembangan diri, dan al-Islam.

Sesuai yang dilansir pada PWMU.CO, pada FBS perdana usai pandemi ini banyak fokus pada bidang akademik dan pengembangan diri siswa. Di bidang akademik, siswa diajak membahas soal-soal dari dua kali try in yang telah mereka kerjakan pada pekan-pekan sebelumnya.

Agar hasilnya optimal, siswa mulanya diajak ikut mini outbound di Ekowisata SD Mugeb pada siang yang mendung itu. Untuk mewujudkannya, SD Mugeb bekerja sama dengan siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB (Spemdalas) untuk menjadi trainer. Di sinilah pengembangan diri siswa diasah.

“Paginya libur, siang ini ketika masuk anak-anak diajak outbound agar semakin fresh, jadi pikirannya terbuka lebar untuk menerima materi pembahasan try in,” terang Wakil Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Riska Navilah Sari SPd.

Kemudian, lanjutnya, sekolah juga memberikan apresiasi kepada lima siswa peraih nilai try in tertinggi di sesi penutupan FBS esok paginya, Sabtu (12/11/2022). Mereka ialah Muhammad Zen Zayyan Al Bukhari VI Merkurius, Dinar Khoirunnisa VI Venus, Nayra Firza Auliah VI Bumi, Kafhaya Tsabita Ardana VI Mars, dan Najwa Asyilah Chairani VI Jupiter.

Agar semangat mereka awet meski habis murajaah malam dan shalat qiyamul lail, siswa diajak berolahraga pagi di Taman Bundaran GKB. Jaraknya hanya 500 meter dari sekolah. Berjalan bersama ke lokasi itu pun menggoreskan kebahagiaan di wajah mereka. Di sana mereka bebas memanfaatkan aneka fasilitas olahraga maupun permainan di sana dengan pendampingan guru.

Motivasi dari Alumnus

Dalam momentum malam itu, SD Mugeb juga mendatangkan alumnus angkatan VIII untuk memotivasi siswa agar semakin giat belajar. Ialah Paramita Rachmawati Zulkarnain.

Sebelum menyampaikan motivasi, dokter gigi yang akrab disapa Mita itu, diajak bernostalgia tentang kenangannya bersekolah di SD Mugeb. Dia lantas mengenali banyak yang baru dari segi bangunan yang lebih besar maupun guru pengajarnya.

Diikuti seluruh siswa kelas VI.  Mita memulai motivasinya dengan mengajarkan dua hal yang perlu siswa Mugeb miliki. Pertama,  ‘work smart’ (kerja cerdas), yaitu pandai memanajemen waktu. Kemudian, dia mengimbau siswa untuk menerapkan ‘dream big’ (bermimpi besar), yaitu fokus mengejar cita-cita.

Menurutnya, hal ini bisa dicapai hanya jika siswa punya kepercayaan diri dan motivasi. Adapun percaya diri itu bisa mereka capai dengan lebih mengenali diri sendiri. “Aku tuh maunya apa? Aku tuh sukanya apa? Aku tuh bisanya apa?” urainya.

Kemudian, dia menerangkan maksud motivasi. “Suatu keadaan dalam diri seseorang yang menyebabkan seseorang melakukan kegiatan tertentu untuk tujuan tertentu,” jelas alumnus SMP Muhammadiyah 12 GKB (Spemdalas) Gresik itu.

Mita juga mengungkap dua jenis motivasi. Pertama, dari dalam diri sendiri. Kedua, dari luar diri seperti keluarga, teman, dan lingkungan. Tugas mereka sebagai pelajar juga dia tekankan. Dalam hal ini, Mita juga membagikan enam tips belajar dengan nyaman.

Ialah berteman dengan anak yang semangat belajar, buat target agar bisa mengatur waktu belajar, dan beri reward (hadiah) kepada diri sendiri. Selain itu, Mita juga mengimbau siswa untuk menyempatkan istirahat agar tidak terlalu memaksakan, juga mempelajari teknik membaca cepat dan membuat ringkasan sendiri.

Motivasi malam itu berlangsung interaktif. Beberapa siswa antusias maju untuk menjawab maupun mengajukan pertanyaan. Akhirnya, lulusan SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik ini menutup motivasinya dengan kutipan Walt Disney, “If you can dream it, then you can do it!” Maksudnya, kalau kamu bisa memimpikannya berarti kamu bisa melakukannya. 

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.